KASTIL BERSEJARAH TERBAKAR GARA-GARA ABG MEROKOK

Diposting oleh SeoRing

Api melalap kastil Krasna Horka, salah satu kastil paling bersejarah dan menjadi monumen budaya nasional Slovakia, Sabtu (10/3/2012). Kebakaran yang diduga akibat kecerobohan dua anak baru gede (ABG) yang merokok itu telah membakar habis atap kastil.

Sebuah kastil bersejarah berusia ratusan tahun dan menjadi salah satu monumen nasional Slowakia mengalami kebakaran hebat. Diduga, penyebabnya adalah dua anak baru gede (ABG) membuang korek api sembarangan setelah merokok di dekat istana bergaya gotik itu.

Polisi menyelidiki kedua ABG itu atas dugaan menyebabkan rumput di kaki kastil Krasna Horka tersulut api, Sabtu (10/3/2012). Kedua bocah itu diduga berusaha memantik rokok, kata Jana Mesarova, juru bicara kepolisian Kosice, wilayah timur Slowakia.

Perlu diketahui, anak-anak di bawah umur 15 tahun tidak bisa dituntut secara hukum di Slowakia.

"Satu unit (penyelidik) yang dikirim ke lokasi kebakaran menemukan bahwa dua anak setempat, berusia 11 dan 12 tahun, mencoba menyalakan rokok. Karena ceroboh, mereka membakar rumput di bukit kastil itu," urai Mesarova.

Pihak berwenang mengirim 84 mobil pemadam kebakaran ke kastil yang berdiri sejak awal abad ke-14 itu.

Museum Nasional Slowakia menulis dalam akun Facebook mereka bahwa kastil itu mengalami kerusakan parah. Namun, 90 persen koleksi bersejarah yang tersimpan di dalamnya selamat, termasuk foto-foto kastil dan sekitarnya pada peralihan dari abad ke-19 ke abad ke-20. Berbagai lukisan cat minyak dan ornamen pun selamat.

"Atap kastil terbakar habis, begitu juga arena pameran di istana gotik dan menara loncengnya. Tiga lonceng kastil meleleh," ungkap pihak museum.

BBC melaporkan, api pertama kali terlihat beberapa saat setelah rombongan wisatawan terakhir meninggalkan tempat. Tidak ada pengunjung saat api mulai melalap rumput yang kemudian menyambar atap kastil yang terbuat dari kayu.

Kransa Horka berlokasi tak jauh dari kota Roznava dan merupakan salah satu kastil yang paling terjaga di Slowakia. Pemerintah Slowakia memasukkannya dalam daftar Monumen Budaya Nasional.

[http://internasional.kompas.com]

RATIZON 18 Mar, 2012


-
Source: http://99ratiz.blogspot.com/2012/03/kastil-bersejarah-terbakar-gara-gara.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com