BENARKAH, KACANG TANAH MEMICU TIMBULNYA JERAWAT ?

Diposting oleh SeoRing


Kacang-kacangan memang dipercaya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk menu diet. Namun, apakah hanya untuk itu saja? Sebenarnya kacang memiliki berbagai manfaat yang besar bagi tubuh. Sebagai contoh kacang tanah merupakan makanan yang kaya protein, zat besi, vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks, vitamin K, kalsium, kolin serta beberapa zat yang lain. Bahkan menurut sumber, kandungan protein kacang tanah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya.

Sebagai tanaman yang tumbuh di daerah tropis, kacang tanah dapat dijumpai dengan mudah secara perdu di daerah yang sejuk. Lebih lanjut tentang manfaat kacang tanah, menurut Telegraph ternyata kacang tanah bermanfaat sebagai nutrisi bagi orang yang terkena diabetes. Banyak bukti menunjukkan bahwa kacang tanah dapat melindungi terhadap diabetes dan sindrom metabolik lainnya, termasuk batu empedu. Kacang tanah mampu memberikan keuntungan dalam menambah jumlah sel-sel lemak (lipid) dalam darah, dan mengurangi kerusakan sel serta inflamasi, sehingga baik untuk penderita diabetes tipe dua (karena gaya hidup). Segenggam kacang tanah tiap hari akan mengurangi kekurangan zat yang diperlukan bagi penderita

Kacang tanah mampu menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida karena mengandung fitosterol yang dapat menahan laju penyerapan kolesterol dari makanan. Setiap mengkonsumsi satu ons kacang tanah selama seminggu dalam beberapa kajian menyebutkan dapat mencegah penyakit jantung. Omega 3 dan omega 9 dalam kacang tanah merupakan zat yang dapat bermanfaat bagi tubuh, selain juga manfaat kacang tanah untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta menyembuhkan hemophilia atau kecenderungan terjadinya pendarahan, penyakit insomnia serta masalah keputihan pada wanita. Kacang tanah disisi lain memiliki kandungan senyawa arginin yang mana memberikan dampak rangsangan bagi tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida yang bermanfaat untuk melawan bakteri tuberkulosis.

Disisi lain banyak opini yang berkembang bahwa kacang tanah menyebabkan timbulnya jerawat. Namun, sebuah riset dari American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa untuk urusan kecantikan kulit, hal yang bertolak belakang dari cerita itu. Para pakar tersebut berpendapat bahwa jerawat bukanlah dipicu oleh coklat, ice cream, ataupun makanan seperti kacang. Bahkan kacang mampu untuk menangkal radikal bebas.

[sumber]

noreply@blogger.com (RATIZON) 25 Mar, 2012


-
Source: http://99ratiz.blogspot.com/2012/03/benarkah-kacang-tanah-memicu-timbulnya.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com