Wasapadai Kelaparan Tersembunyi pada Anak

Diposting oleh SeoRing

Hasil terbaru Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 menunjukkan angka kurang gizi pada balita mengalami penurunan menjadi 17.9% - (dibanding 18.4% pada tahun 2007). Namun demikian penduduk Indonesia masih menghadapi ancaman masalah gizi mikro atau yang biasa disebut kelapan tersembunyi (hidden hunger). Data ini juga menunjukkan pentingnya masalah ini untuk menjadi perhatian bersama baik pemerintah maupun kalangan swasta.


"Masalah nutrisi masih menjadi agenda besar di Indonesia. Selain tingginya angka gizi buruk dan gizi kurang, masalah micro nutrient (kekurangan gizi mikro) atau yang sering disebut kelaparan tersembunyi (hidden hunger) masih kerap dijumpai di Indonesia," jelas Yulia Rimawati – Koordinator Gizi Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU).

Zat gizi mikro adalah zat gizi yang jumlahnya diperlukan oleh tubuh dan jika tidak terpenuhi dapat mengganggu keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Permasalahan gizi mikro yang masih banyak ditemui di Indonesia adalah kekurangan zat besi, kekurangan yodium dan vitamin A. Masalah kekurangan zat gizi mikro ini sangat berisiko bagi ibu (khususnya ibu hamil dan menyusui) dan anak-anak, Yulia melanjutkan.

Salah satu upaya dalam membantu mencegah potensi timbulnya masalah gizi adalah melalui pola makan gizi seimbang termasuk kecukupan zat gizi mikro (vitamin dan mineral). Pada kesempatan acara sambut Hari Gizi Nasional ini, Sari Husada memperkenalkan Gizikita tabur – sebuah produk suplemen makanan inovatif dengan kandungan multivitamin dan mineral untuk bantu penuhi gizi anak usia 2-5 tahun.

Gizikita saat ini adalah satu-satunya produk komersial untuk kategori makanan tambahan yang memiliki kandungan gizi mikro seimbang seperti kalsium, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat membantu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi penting.

"Gizikita diproduksi melalui proses fortifikasi atau penambahan satu atau lebih zat gizi mikro; hal ini merupakan strategi penting yang dapat digunakan untuk meningkatkan status zat gizi mikro di dalam makanan. Produk ini dijual dalam kemasan sachet dengan harga terjangkau" jelas Naomi Jamarro, Brand Manager Gizikita.

Laksa Berita 01 Mar, 2012


-
Source: http://www.laksanaberita.info/2012/03/wasapadai-kelaparan-tersembunyi-pada.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com